4 Kabupaten Berpeluang Dimekarkan. Kab. Kupang, TTS, Alor dan Sumba Timur

  
Empat Kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) berpeluang di mekarkan dengan alasan memiliki wilayah yang luas dan prinsip pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal NTT, Eman Babu Eha, kepada wartawan di Kupang Rabu (5/2/2014).
Empat Kabupaten Itu, yakni Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Alor dan Kabupaten Sumba Timur.
“Empat Kabupaten ini diprioritaskan untuk dimekarkan menjadi daerah otonomi baru, karena miliki luas wilayah yang signifikasi sehingga untuk mempermudah akses masyarakat, harus dimekarkan,” katanya.

Menurut dia, untuk sementara DPD masih mempelajari semua dokumen yang telah dimasukan untuk diperoses lebih lanjut. Dan, tahun 2015 nanti, keempat kabupaten ini akan dimekarkan secara serentak.

“Berkas-berkas dari empat kabupaten ini masih kami pelajari. Jika masih ada yang kurang, kami akan koordinasi untuk segera dilengkapi.kami pastikan jika semua dokumen dari empat kabupaten itu sudah lengkap, maka tahun 2015 mendatang, siap dimekarkan serentak,” ujarnya.

Mengenai pemekaran kota Maumere dan kabupaten Adonara, Babu Eha mengatakan, dua kabupaten itu sudah masuk dalam agenda pembahasan di DPD dan DPR dengan nomor urut 13 untuk kota Maumere dan 14 unuk DOB Adonara.

Disinggung mengenai sikap mendagri yang pernah menyatakan akan bersikap discourage terhadap usulan pemekaran daerah di NTT, karena sikap Bupati Belu dalam pilkada Belu beberapa waktu lalu, Babu Eha menggatakan hal itu adalah manusiawi dan bisa dianggap sebagai sikap spontan mendagri manakala merasa ditentang.

“Itu reaksi spontan dan manusiawi, tetapi tidak sampai menghambat pemekaran yang sedang kita upayakan,” ujar mantan penjabat Bupati Sumba Barat Daya.
PK/SENIN/10/14



SUMBER : http://nttprov.go.id/site/index.php/2013-07-22-06-19-32/berita-terbaru/192-4-kabupaten-berpeluang-dimekarkan-kab-kupang-tts-alor-dan-sumba-timur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Kabupaten Berpeluang Dimekarkan. Kab. Kupang, TTS, Alor dan Sumba Timur"

Posting Komentar