Baru Dibangun, Bronjong Kikilai Terbongkar Dihantam Banjir

 Baru Dibangun, Bronjong Kikilai Terbongkar Dihantam Banjir
POS ALOR.COM: KALABAHI Proyek pembangunan rehabilitasi sarana dan prasarana pengendalian banjir sungai, berupa pemasangan bronjong di kali Kilikai Moru, Kecamatan Alor Barat Daya (Abad), Kabupaten Alor rubuh. Proyek rehabilitasi yang sementara ini masih dalam tahap pemeliharaan sudah rusak parah dihantam banjir beberapa waktu lalu.
Pantauan media ini di lokasi kali Kikilai, Selasa (11/02/14), hampir sebagian besar pekerjaan yang menghabiskan dana milyaran rupiah itu sudah rusak.
 

Abdon, salah seorang warga Moru kepada wartawan, mengatakan, bangunan bronjong itu rubuh akibat dihantam banjir, saat hujan deras mengguyur Kota Kalabahi pada bulan Januari 2014 lalu.
“Bronjong yang baru dikerjakan itu sudah rusak semua, akibat dihantam banjir deras sehingga terbongkar semua. Banjir terlalu deras, ada sekitar lima aliran mata sungai yang mengalir sampai di kali Kikilai bergabung menjadi satu,” ungkapnya .
 

Dikatakannya, setiap kali musim hujan, banjir di kali Kikilai itu meluap hingga sampai di rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar kali. “Saya pikir bronjong penahan banjir dan longsor yang sudah rubuh ini harus secepat diatasi oleh instansi terkait. Apabila tidak ditangani, maka suatu saat jembatan kali Kikilai juga akan rubuh. Bila terjadi, maka ruas jalan yang menghubungkan Pailelang-Moru putus total,” tandasnya.
Untuk diketahui, sekitar tujuh bulan yang lalu, proyek pembangunan pemasangan bronjong di kali Kikilai ini dikerjakan oleh PT. Kharisma Bina Konstruksi. Dua orang petugas yang menangani pekerjaan kala itu adalah, Yusuf Bessie sebagai staf teknik PT. Kharisma Bina Konstruksi dan Martinus Masae sebagai pengawas proyek. Diduga kuat kualitas proyek pasang bronjong ini buruk, sehingga muda rusak. (Jok)


SUARAFLORES.COM

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baru Dibangun, Bronjong Kikilai Terbongkar Dihantam Banjir"

Posting Komentar