Budaya, Modal Utama Kemajuan Pembangunan NTT

Budaya, Modal Utama Kemajuan Pembangunan NTT
POS ALOR .com,- Salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Nusa Tenggara Timur (NTT), Umbu Wulang T. Paranggi, S.Sos, mengatakan, modal dasar pembangunan NTT adalah budaya. Apabila seluruh rakyat dan pemerintah terus membangun dan menumbuhkembangkan budaya lokal, maka NTT akan sangat maju dalam bidang ekonomi dan sosial.
“Sebagai orang NTT, kita harus terus memajukan budaya kita dengan mengengembangkan kearifan budaya lokal. Generasi muda kita harus terus didorong untuk mencintai budaya leluhur atau nenek moyang, karena itu adalah identitas kita,” kata Relawan dan Staf Media Yayasan Sosial Donders Sumba Barat Daya kepada suaraflores.com, Senin (20/1) di Kupang.

Menurut mantan aktivis Wahana Lingkungan Hidup (Walhi ) ini, sejarah sudah membuktikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan memuliakan kearifan budayanya. Contohnya, Jepang, Korea, India, China adalah negara-negara besar yang menguasai ekonomi Asia. Namun, mereka tetap berpegang teguh pada tradisi budaya nenek moyangnya, baik yang bersifat simbolik dan seremonial, seperti pakaian adat dan tarian maupun yang terkait dengan nilai-nilai kebijaksanaan.
“Saya percaya bila Flobamora mempertahankan budaya nenek moyang, maka Flobamora akan maju dan sejahtera baik dari sisi ekonomi maupun sosial,”kata pria kelahiran Kananggar, Kecamatan Paberiwai, Sumba Timur, 13 Oktober 1980 ini.

Selain itu, lanjut dia, dalam dua tahun terakhir ini, ia bersama Komunitas WAI HUMBA dan KPMTS, menggelar Festival WAI HUMBA. Festival ini merupakan festival budaya pelestarian lingkungan hidup yang diinspirasi oleh kebiasaan nenek moyang melestarikan sumber-sumber air di Sumba.
“Ini salah satu bentuk memajukan budaya kita. Generasi muda kita harus terus didorong dan diberi penguatan melalui pendidikan yang ramah budaya. Kita harus memperkuat rasa cinta  mereka terhadap budaya sendiri, bukannya menghina dengan ungkapan, kuno atau kolot. Budaya lokal itu identitas dan keunikan manusia. Jangan kita cemooh atau dipaksa untuk diseragamkan,” tandas calon DPD RI nomor urut 39 ini. (Yos/Koe)

http://suaraflores.com/budaya-modal-utama-kemajuan-pembangunan-ntt/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budaya, Modal Utama Kemajuan Pembangunan NTT"

Posting Komentar