Dokter Cantik Eva Luchinta Menikmati Tugas di Puskesmas Kaputu Malaka


Namanya, dokter Eva Luchinta. Sejak tiga bulan lalu, dokter Eva bertugas sebagai dokter Puskesmas Kaputu, di Kabupaten Malaka. Sebuah kabupaten di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.
Pada, Sabtu (16/7/2016) siang, dokter Eva bersama seorang dokter perempuan, temannya, hadir di kegiatan Simposium Awam bertema 'Membentuk Anak Sehat, Cerdas dan Beraklak Mulia' yang digelar Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) NTT di Neo Hotel Kupang.
Dokter Eva hadir dalam simposium agar mendapat tambahan pengetahuan demi pelayanan pasien yang lebih baik di tempat tugasnya.

"Agar anak tumbuh sehat, hal yang perlu diperhatikan orang tua adalah pola makan anak. Orang tua juga harus rajin kontrol anaknya ke puskesmas atau pustu supaya tahu perkembangan berat badan anak dan bisa berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan," kata dokter Eva.
Dokter jebolan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Taruma Negara Jakarta ini, mengatakan, di wilayah kerja Puskesmas Kaputu, Kabupaten Malaka banyak anak yang mengalami gisi kurang.

Menurut para orang tua, anak mereka gisi kurang karena tidak mau makan nasi.
"Kepada orang tua pasien anak yang mengalami gisi kurang atau ada satu-dua anak yang gisi buruk, saya biasa menasihati dan memberi edukasi. Sehingga orang tua bisa memperhatikan pola makan anak. Bagaimana supaya anak bisa banyak makan," kata dokter Eva.

Tempat tugas dokter Eva cukup jauh dari ibu kota Kabupaten Malaka. Untuk sampai ke kantor bupati Malaka, harus berjalan sekitar satu jam menggunakan sepeda motor dinas. Belum lagi jalannya banyak rusak dan berlubang.
"Karena pentingnya anak lahir dan tumbuh sehat serta cerdas dan beraklak mulia, maka saya ikut dalam simposium ini," kata dokter yang juga bercita-cita menjadi dokter ahli anak ini.
Di tempat tugasnya, tambah dokter Eva, masyarakatnya baik-baik. Karena itu, dokter Eva tidak takut bertugas di Puskesmas Kaputu Malaka. Apalagi, bupati Malaka seorang dokter yakni Stef Bria Seran.
"Kalau mau anak tumbuh sehat memang harus jaga pola makan. Selain itu juga kebersihan. Sedangkan kalau mau anak pintar, orang tua harus perhatikan gizi makanan dan juga rajin belajar. Ditambah pengetahuan agama yang baik tentu anak akan memiliki aklak yang mulia," kata dokter yang juga pernah bertugas di Puskesmas Niki-Niki dan RSUD Soe di Kabupaten TTS ini. (mar)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dokter Cantik Eva Luchinta Menikmati Tugas di Puskesmas Kaputu Malaka"

Posting Komentar