Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS 2018 - Cara Jitu Lulus Tes dan Tips Seleksi CPNS 2018

 Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS 2018 - Cara Jitu Lulus Tes dan Tips Seleksi CPNS 2018
Jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 belum dipastikan. Namun, ada kemungkinan penerimaan CPNS 2018 dilaksanakan mulai akhir Juli 2018 ini.
Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, Kementerian PANRB mengundur waktu penerimaan CPNS 2018 dari yang semula di awal Juli menjadi kemungkinan di akhir Juli 2018.


"Wah kayanya diundur ya, soalnya dari Kementerian PANRB menemukan ada metode baru di Kementerian, Lembaga, Satuan Kerja Perangkat Daerah atau K/L/D-nya sendiri. Tapi tetap pada bulan Juli. Jadi ditunggu saja," ujarnya.
Pemerintah belum mengumumkan secara resmi kapan tes penerimaan CPNS 2018 dimulai.
Namun hal itu beberapa hari belakangan ini menjadi pembahasan yang cukup ramai.
Sebab, tes ini biasanya banyak peminatnya.
Walau belum dimulai, tak ada salahnya jika kita mempersiapkan diri mulai sekarang.
Agar nanti bisa lulus, ada beberapa cara menghadapi tesnya.

Dilansir dari Tribun Timur dan Tribunnews, berikut tip agar lulus tes CPNS.
Sambil menunggu jadwal pelaksanaan tes diumumkan, gunakanlah waktu untuk terus membaca buku-buku tes CPNS.

Selain itu, bisa juga melakukan simulasi Computer Assisted Test (CAT) di portal BKN, agar siap menjalani ujian yang sebenarnya dan mudah-mudahan lulus.
Kepala BKN Bima Haria Wibisana pada artikel terbitan 2017 silam 'membocorkan' tips agar bisa lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT.
Seperti dilansir dari Kompas.com, Kepala BKN mengatakan, peserta tes CPNS agar lebih mempersiapkan diri guna menghadapi SKD sistem CAT.


Seperti diketahui, Tes Kemampuan Dasar ini meliputi tiga item, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.
"Jadi tes wawasan kebangsaan ini memang harus belajar, belajar mengenai sejarah Indonesia, rasa kebangsaan Indonesia dan Pancasila," ujar Bima saat konfrensi pers di Kantor Pusat BKN, Cililitan, Jakarta Timur, Jumat (6/10/2017).

Bima menegaskan, tes wawasan kebangsaan menjadi hal penting bagi seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebab, PNS merupakan abdi negara yang harus dan perlu mengatahui sejarah Indonesia.

"Masa iya sih orang Indonesia yang kayak gitu (enggak paham sejarah) apalagi dia jadi PNS yang kerjanya adalah untuk mengurusi orang," ungkapnya.
Dari pengamatan BKN, katanya, sejak seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terakhir pada tahun 2014, banyak para peserta CPNS gagal melewati ujian tes wawasan kebangsaan.

"Di 2014 itu yang gugur banyak adalah di tes wawasan kebangsaan. Sekarang ini rasanya ada sedikit perubahan, saya belum bisa menyampaikan secara detail karena kan ini baru dua Kementerian jadi belum," jelasnya.


Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS 2018 - Cara Jitu Lulus Tes dan Tips Seleksi CPNS 2018, http://kupang.tribunnews.com/2018/07/09/jadwal-pendaftaran-seleksi-cpns-2018-cara-jitu-lulus-tes-dan-tips-seleksi-cpns-2018?page=2.

Editor: Fredrikus Royanto Bau

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS 2018 - Cara Jitu Lulus Tes dan Tips Seleksi CPNS 2018 "

Posting Komentar