Menggali Potensi Desa, KKN STIKIP Muhammadiyah Kalabahi



20 MENIT COM. STIKIP Muhammadiyah Kalabahi  melakukan kuliah kerja nyata tersebar diseluruh Kabupaten Alor. Penempatan 148 Anggota KKN STKIP Muhammadiyah Kalabahi tahun ini meliputi area desa Maritaing (Alor Timur) hingga Desa Kayang Marica, Kangge  (Pantat Barat Laut) 


Tujuan pengabdian kepada masyarakat STIKIP Muhammadiyah Kalabahi  adalah untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat 

1. Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa
2. Melaksanakan terapan IPTEKS secara teamwork
3. Menanamkan nilai kepribadian:


  • Nasionalisme dan jiwa Pancasila
  • Keuletan, etos kerja dan tangung jawab.
  • Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan.
  • Meningkatkan daya saing nasional.
  • Menanamkan jiwa penelitian dan pengabdian
  • Eksploratif dan analisis.

Salahsatu Desa yang di kunjungi adalah Desa Kayang, Desa Marisa / Kangge, Kehadiran Mahasiswa ditengah - tengah Masyarakat Marica - Kangge dan Masyarakat Pantar Barat Laut umumnya adalah 

Mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran berdasarkan ilmu tekhnologi dan dalam upaya menumbuhkan, mempercepat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan.

Mengaplikasikan Ilmu teori dan Praktek lapangan yang bersentuhan Lansung dengan Masyarakat 
Salah satu kegiatan dari KKN yang di selenggarakan oleh STIKIP MUHAMMADIYAH KALABAHI yakni Menggali informasi terkait potensi Rumput Laut di Desa. Kayang oleh Mahasiswa Bersama Ibu Masna Abubakar asli lembata yang bersuamikan Bpk. Nasrudin Burhan Anas asli Marica Desa. Kayang. 

Proses penggalian informasi ini untuk mengetahui seberapa besar potensi rumput laut untuk kehidupan masyarakat dan juga menjadi salahsatu rencana program kerja Mhasiswa selama KKN. 

Adapun tujuan lain adalah mengangkat potensi desa ini kepada khalayak semoga bisa menjadi perhatian pemerintah baik pusat maupun daerah. 

Mahasiswa sangat berantusias akan mencoba memberikan kontribusi kepada masyarakat petani rumput laut dalam hal pemikiran dan ide-ide serta gagasan-gagasan kreative yang juga akan disampaikan kepada stackholder atau pemangku kebijakan di setiap lapisan pemerintahan agar bisa menjadi salahsatu perhatian pemerintah. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggali Potensi Desa, KKN STIKIP Muhammadiyah Kalabahi"

Posting Komentar