Adab dan Etika bagi Wanita yang Hendak Bepergian

 Adab dan Etika bagi Wanita yang Hendak Bepergian
wanita itu makhluk mulia,maka muliakanlah wanita dengan akhlak yang mulia pula.
miris sebenarnya kita melihat di berita media massa tentang tindakan tidak terpuji yang di alami oleh wanita ketika dalam perjalan untuk suatu urusan.biasanya wanita yang jadi korbanya adalah yang melakukan perjalanan seorang diri.walaupun kadang kadang di tempat keramaianpun,para wanita ada juga yang mengalami pelecehan

Ada beberapa adab atau etika yang harus gi perhatikan bila hendak berniat bepergian keluar rumah..tentu semua adab dan etika ini adalah untuk kebaikan bagi wanita tetsebut.

1) minta ijin.
Hendaknya seorang wanita yang hendak bepergian keluar rumah meminta ijin terlebih dahulu kepada orang tua atau pengawas,atau suami bagi seorang istri.bila di ijinkan silahkan berangkat,bila tidak di izinkan dengan alasan yang masuk akal dan aturan wajib taat.

2) Tidak sendirian.
ini penting untuk menghindari fitnah dan hal hal yang tidak terduga selama bepergian.bagi seorang muslimah harus di temani seorang mahrom,atau teman wanita yang dapat di percaya karena akhlaknya.

3) jangan berlebihan dan pamer.
baik berlebihan dalam berpakaian,ataupun berlebihan dalam hal gaya dan tingkah pola.dan jangan sekali kali memamerkan kecantikan dan kemolekan tubuh,yang bisa mengundang niat buruk dari para lelaki mata keranjang.

4) berpakaian yang sopan.
penampilan mencerminkan jiwa pemakainya.bagi wanita yang hendak bepergian hendaknya mengenakan pakaian yang sopan dan pantas menurut norma dan kesopanan.bagi wanita muslimah hendaknya memakai hijab dan busana yang sesuai syariat agama.

5) hindari tempat yang sepi dan larut malam.
pastikan perjalanan aman dengan memperhatikan rute perjalanan dan waktu melakukan perjalanan.ini penting bagi keselamatan para wanita.karena akdi aksi kejahatan terhadap wanita terjadi karena ada peluang  dan situasi yang mendukung..di antaranya adalah tempat tempat sepi dan jam jam tengah malam.

6) berilah kabar ke orang dekat.
dengan kemajuan teknologi,kita bisa tetap terhubung dengan keluarga atau orang terdekat.sehingga keberadaan kita tetap terpantau oleh mereka.
Tentu kejahatan terhadap wanita tidak bisa sepenuhnya di limpahkan hanya kepada para wanita.tentu banyak pihak lain yang juga harus memberi dukungan.tapi setidaknya para wanita bisa mencegahnya dengan tetap berpedoman dengan adab dan etika.
Mudah mudahan kita semua peduli dengan masalah ini.

Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adab dan Etika bagi Wanita yang Hendak Bepergian"

Posting Komentar